Panggilan Menggarami Budaya

Oleh: Wanlie

Sebagai penggemar drama Korea (drakor), saya menonton berbagai genre mulai dari drama romantis, detektif, misteri, sejarah, futuristik dan komedi. Yang bikin adiktif adalah jalan cerita dan dialog yang "riil", membuat kita terbawa ke dalam dunia drama itu. Walaupun tidak semua drama punya kualitas tinggi, tapi rata-rata drakor dibuat dengan serius. Penulisnya tidak sembarangan menggambarkan profesi dan realitas sehari-hari, tapi melalui riset, observasi dan diskusi plot serta karakteristik tiap peran. Alhasil, bukan saya saja yang terpengaruh, ada banyak orang di berbagai belahan dunia yang bahkan sampai serius mempelajari budaya Korea karena pengaruh drakor. Drakor telah diekspor ke berbagai belahan dunia dan menghasilkan devisa yang tidak sedikit bagi negara.

Budaya dan identitas Korea yang tersebar melalui drakor memberikan kebanggaan bagi rakyat Korea dan mempengaruhi banyak orang di berbagai negara dalam berbagai hal. Di Indonesia, banyak remaja putri terinspirasi untuk menekuni musik, dunia kecantikan, ataupun penguasaan bahasa karena menonton drakor. Budaya populer yang dibangun dengan halus melalui drama diterima dan diinternalisasi oleh penggemarnya, yang pada akhirnya diasimilasi menjadi gaya hidup baru dan dilakoni kelompok penggemar tersebut. Bagaimana dengan Kekristenan?

Di awal abad pertama, Kekristenan merupakan gaya hidup “counter culture” yang menyaingi narasi dominan budaya yang ada. Tercatat betapa menariknya komunitas ini bagi masyarakat sehingga mereka berkembang pesat. Ketika timbul penganiayaan di bawah tirani kekuasaan saat itu, hal tersebut malah menyebabkan makin bertumbuhnya kekristenan berikut gaya hidup yang dibawa olehnya menjadi arus utama dominan dalam budaya pada abad pertengahan sampai awal abad modern. Identitas dan gaya hidup Protestanisme dianggap sebagai cikal bakal kapitalisme modern yang terbukti dapat membawa sebagian besar penduduk dunia keluar dari garis kemiskinan.  

Lalu di abad pertengahan, para biarawan memodernisasi abad kegelapan dunia melalui karya dan pekerjaan mereka mendirikan universitas, akademi, hingga rumah sakit. Lembaga-lembaga ini memperkuat ekonomi dan melayani yang lemah. Mereka mengubah dunia yang penuh dengan takhayul saat itu bukan dengan melenyapkan takhayul, melainkan membiarkan iman mereka memengaruhi karya pekerjaan mereka. Injil memengaruhi cara kerja mereka. Mereka tidak lagi bekerja bagi diri mereka sendiri, tapi untuk kepentingan orang lain atau kepentingan bersama.  

Di era modern dan pascamodern ini, budaya dan gaya hidup Kristen mengalami berbagai tantangan. Kekristenan kurang mampu menjawab dan bersaing dengan budaya populer sebagai arus utama yang dominan maupun alternatif berbagai narasi budaya dan nilai-nilai identitas lain yang berkembang dalam masyarakat (radikalisme, separatisme, multikulturalisme termasuk di dalamnya LGBT, dan sebagainya). Kekristenan sebagai budaya dan gaya hidup alternatif kehilangan sengat dan daya dorong untuk mengubah narasi besar dalam masyarakat. Sebenarnya budaya populer memiliki celah dan peluang untuk dipakai sebagai sarana mengembangkan budaya Kristen yang memiliki pengaruh positif bagi masyarakat. Kita memerlukan lebih banyak intelektual Kristen seperti CS Lewis dan JR Tolkien dengan serial Narnia dan Lord of the Rings yang mencoba membawa nilai-nilai Kekristenan dalam budaya dan gaya hidup masyarakat. 

Kapankah kita dapat melihat munculnya aktor-aktor yang memakai profesi mereka sebagai bagian dari narasi besar untuk menggarami budaya populer di Indonesia? Memakai iman, nilai, keyakinan dan pengaruh yang mereka miliki untuk membawa kebaikan bagi banyak orang, menyediakan narasi “counter culture” yang berdampak kekal?



*Penulis adalah seorang profesional Kristen yang melayani sebagai pengurus WIN 

Administrator April 27, 2024
Share this post
FIND MORE
Crucial Conversation at Workplace
Oleh: Athur Januar